3 Tema Blog Favorit



Senang akhirnya saya bisa melawati hari pertama #BPN30DayChallenge dan sekarang adalah hari kedua. Masih kurang 28 hari lagi sih hehehe tapi saya optimis bisa melewatinya, afirmasi diri sendiri hehehe. Bunda bunda optimis jugaa kan?

Tema kedua kali ini tentang blog kesukaan, saya belum banyak menulis artikel namun sekarang dan kedepannya nya saya akan menulis artikel dengan tema kesukaan saya. 

Beberapa artikel yang sudah saya tulis bertema seputar lagu anak anak. Artikel pertama ini saya menuliskan bagaimana proses pembuatan video klip lagu Dirga.




 Apa sih tema blog favorit saya???

1. Lagu Anak Anak

Lagu anak anak adalah passion saya,  saya sangat bersemangat ketika saya berbicara tentang lagu  anak. Saya kagum dengan pencita lagu anak anak yang karyanya sangat melegenda dan masih sering dinyanyikan sampai sekarang.  Seperti Pak Kasur terkenal dengan lagunya "Balonku" , Bu Soed dengan lagu "Tik Tik Bunyi Hujan", Pak AT Mahmud dengan lagu "Anak Gembala", Papa T Bob dengan lagu "di obok obok",  Kak Nunuk yang menciptakan banyak lagu.

Kagum karena sampai saat ini belum ada pencipta lagu anak, yang karyanya bisa abadi seperti beliau beliau. Saya pingiinnn....seperti beliau beliau...walaupun tidak mungkin hehehe. Namun setidaknya saya tetap terus belajar untuk menulis lagu anak yang baik dan enak didengar.

Salah satu cara belajar saya adalah sesekali saya mengikuti acara seminar tentang lagu anak. 
Saya pernah mengikuti acara seminar tentang Music and Child Development yang diadakan oleh Fajra Cipta Nirvana dengan pembicara psikolog psikolog hebat Bapak. Monty, Kak Nunuk dan moderator keren Kak Mellissa Grace dan Kak Untung.

Saya mendapatkan banyak ilmu, tips dan trik bagaimana menciptakan lagu yang baik. Acara diselenggarakan di Jakarta dan saya berangkat ke Jakarta demi mengejar ilmu hahahah. Menurut panitia acara, saya adalah satu satunya peserta mandiri dari Semarang.


Foto Bersama Psikolog Psikolog Hebat



 Sertifikat Peserta Workshop



Mengapa saya senang menulis lagu anak anak,  menurut saya lagu anak anak itu dapat digunakan sebagai : 
  • Media Komunikasi dan menyampaikan pesan/ nasihat
     Saya sebagai komunikator dan pendengar sebagai komunikan, dengan menciptakan   lagu saya berkomunikasi dengan banyak pendengar terutama anak anak. Setiap lagu mempunyai pesan yang terkandung didalam nada dan lirik liriknya, saya  senang menyampaikan  pesan kepada anak melalui lagu. 

Entah mengapa saya  merasa lebih mudah untuk berkomunikasi dengan anak anak hehehhe.

Suatu hari saya pernah melihat Dirga membuang sampah sembarangan, dan kejadian ini menginspirasi saya membuat lagu berjudul "Sampah". 

Dalam lagu tersebut ada pesan dan nasihat bahwa jangan membuang sampah sembarangan dan buanglah sampah pada tempatnya

  • Media Belajar
    Lagu anak anak bisa dijadikan sebagai media belajar anak bisa belajar berhitung, belajar warna,   belajar bahasa, belajar mendengarkan, belajar memahami kata, menambah kosakata.


  • Penyemangat
   Yess....menurut saya lagu dengan ritme cepat dapat menciptakan mood menjadi positif. Ketika saya di Taman kanak kanak tiada hari tanpa bernyanyi hehehehe dan sekarang saat mengantar Dirga sekolah, ternyata masih sama...tiada hari tanya bernyanyi hehehee.  Dengan bernyanyi akan mempengaruhi suasana hati, memompa semangat  sehingga menjadi gembira. Karena gembira itu menular heheheh.

Itulah mengapa saya senang menulis tema lagu anak anak, karena  saya ingin memompa semangat dan menularkan kegembiraan kepada semua orang.


2. Parenting

Bunda bunda pernah dapat undangan dari sekolah untuk menghadiri parenting?  rata rata hampir pernah datang diacara parenting sekolah. Saya paling senang jika ada undangan parenting,  senang karena saya bisa "sekolah" dan mendapatkan banyak ilmu.  

Parenting buat saya adalah salah satu sarana untuk belajar.  Mengapa saya suka tema parenting? karena menurut saya parenting itu "seni" dalam mendidik, merawat dan mengasuh anak.

Setiap anak itu memiliki karakter yang berbeda beda dan setiap anak itu mempunyai keunikkannya masing masing, tidak ada yang sama walau kembar sekalipun. Karena perbedaan ini bunda bunda, sebaiknya menghindari membanding bandingkan satu anak dengan anak yang lain ya hehehe.

Saya datang ke parenting dengan tema apapun,  saya ikut parenting sesuai dengan tahap pertumbuhan dan perkembangan usia Dirga.  Ketika Dirga baru lahir sampai 6 bulan saya belajar tentang ASI, mulai usia 6 bulan saya belajar tentang MPASI saya ikut parenting di AIMI Jateng.

Sekarang Dirga SD saya belajar tentang  bagaimana pola belajar Dirga. saata sudah mulai belajar memperkenalkan Dirga tentang pendidikan seksualitas hehehehe. Ternyata jadi orangtua itu harus belajar terus .....terus....dan.... terus.....

Saya rajin datang kalau ada parenting dan biasanya duduk paling depan hahahha

 
          Menjadi Peserta Parenting 

Karena di dunia ini segala sesuatunya harus seimbang,  ada saatnya saya mendapatkan ilmu dari orang lain, berarti ada saatnya juga saya  harus berbagi ilmu, jadi adil donk hehehhee...

 Kadang saya diminta jadi narasumber parenting di sekolah, biasanya ketika mengisi parenting saya lebih tertarik untuk saling sharing pengalaman dengan orangtua.



                                           Foto Saat mengisi parenting disalah satu sekolah



Begitu cerita saya tentang parenting ya bunda bunda.

3. Jalan Jalan

Tema terakhir yang saya sukai adalah Jalan jalan, jalan jalan disini yang saya maksud adalah Family Trip, mengapa Family Trip?? Kami satu keluarga berjumlah tiga orang jadi jika kami bepergian harus lengkap satu paket. Satu paket berisi Ayah, Bunda, Dirga, di rumah pun kami hanya bertiga, itulah alasan kami mengapa kemana mana harus "sakgrombol" hahahaha.

Kami senang jalan jalan bertiga karena kami jadi lebih dekat, lebih sayang, lebih menghormati dan lebih kompak. Jalan jalan buat kami tidak harus jauh namun membuat kami menjadi senang dan menghilangkan kepenatan.

Dalam memilih destinasi wisata, kami pun cenderung memilih wisata yang ramah anak dan diperuntukkan untuk keluarga. Ramah anak setiap keluarga mempunyai persepsi dan batasan berbeda beda ya bun...misalnya saya menganggap berwisata diair terjun tidak ramah anak, bisa jadi buat bunda bunda yang lain  tidak apa apa. Jadi tiap keluarga mempunyai penilaian sendiri sendiri ya bun.

Oh ya ada tips dari saya, biasanya kami jika ingin bepergian memilih weekday , alasannya biar tidak terlalu ramaii hehehhe.




Bunda....tidak terasa, ternyata saya sudah menyampaikan tiga tema blog favorit saya, terima ksdih sudah berkunjung di-blog saya, semoga bermanfaat.

Salam Kukuruyuk

You Might Also Like

10 komentar

  1. Wah aku jg suka parenting dan jalan nih bun. Eh sama makanan jg hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku seneng makan, tapi kurang seneng nulis tentang makanan bun hehee

      Hapus
  2. Wah topiknya asyik-asyik tuh Bunda Dirga, pengen berguru belajar nulis lagu anak kapan yaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo mbak Dedew kapan belajar bersama hehhehe

      Hapus
  3. Liburan emang enaknya saat weekdays mba Rini, enggak bocor kalo mau foto2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weekday harganya juga lebih ekonomis mbak Wati hehhehhe

      Hapus
  4. Bunda dirga keren, sudah pinter nulis lagu, concern ke ranah parenting dan anak juga suka jalan-jalan bener-bener paket lengkap :D

    BalasHapus
  5. Salam kukuruyuuuk! Aku ko seneng sih sama salam Khasnya Bunda Dirga 😍
    Keren loh Bund, blm banyak yang nguri-uri lagu anak. Moga sukses selalu..! Btw parenting dan traveling juga topik yang kusuka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa bun, Salam Kukuruyuk itu salam semangaat, sesemangat ayam berkokok membangunkan kita dipagi hari heheheh

      Hapus