Apakah Saya Seorang Blogger dan Adakah Penghargaan Khusus Untuk Blogger?




Salam Ceria Semua.....

Sebenarnya saya itu agak bingung dan gamang, apakah saya ini bisa disebut sebagai Blogger? hihiSetelah setahun bergabung dikomunitas Gandjel Rel, saya mulai berpikir kalau Blogger tidak bisa dianggap receh. Menurut saya Blogger itu profesi tanpa gelar yang sangat menjanjikan.

Selain Blogger banyak juga profesi tanpa gelar seperti Aktor, Aktris, Youtuber, penyanyi, musisi dan masih banyak lagi. Semua profesi tanpa gelar diatas  memiliki persamaan, sama sama dituntut memiliki kreativitas, totalitas dan profesionalitas.

Saya sebagai Ibu Rumah Tangga yang baru mengenal dunia blog dan belum paham apa saja kualifikasi seseorang bisa disebut sebagai Blogger Profesional.

Apakah karena tingginya score DA / PA?  
Apakah karena penghasilan dari nge-blog bisa menjamin kehidupan financial-nya? 
Apakah karena sudah menulis blog sejak jaman batu, hehe? 
Apakah karena sering menjuarai lomba penulisan Blog? 
Apakah karena sering diundang diacara acara Blogger? 
Apakah karena selalu konsisten dalam menulis? 
Apakah karena tulisanya bagus dan enak dibaca?
Apakah karena kelihaian nya menulis? 
Apakah karena sudah spesifik menulis dengan satu tema blog?

Wahh...banyak banget pertanyan saya, tapi sampai sekarang saya memang belum ngerti, maklum ya bun Newbie hehehe. Jika ada waktu dan ada kesempatan saya ingin bertanya, ngobrol dan menimba ilmu dengan Blogger Blogger yang namanya sering muncul  ketika saya search di-google.

Pemikiran saya andai saja Blogger memiliki sistem penilain dan penghargaan tersendiri, seperti Youtube yang memberikan Play Button  kepada Youtuber dengan pencapaian tertentu, jumlah 100.000 subscriber mendapatkan Silver Play Button, 1.000.000 subscriber mendapatkan Gold Play Button, 10 juta subscriber mendapatkan Diamond Play Button, sampai penghargaan tertinggi 50 juta subscriber mendapatkan Ruby Play Button atau seperti pemberian penghargaan kepada musisi yang telah berhasil mencetak penjualan album sampai 1 juta kopi. Ini hanya sekedar contoh, entah apakah perbandingan ini Apple to Apple.
Ada juga penghargaan untuk pewarta dan Blogger yaitu Ajang Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) yang diadakan oleh Kementrian Pariwisata, ada juga penghargaan untuk Blogger yang dilakukan oleh swasta seperti kompasianival , namun penghargaan tersebut bukan bedasarkan  peningkatan jumlah DA/PA blog.

Andai penilaian dan penghargaan khusus Blogger itu ada, mungkin secara tidak langsung akan terjadi seleksi alam dan akan muncul Blogger Blogger inpiratif, berkompeten dan berkualitas, akan muncul Blogger Profesional bisa jadi akan muncul pengklasifikasian dengan niche tetentu misalnya Travel Blogger, Food Blogger, Parenting Blogger, Movie Blogger.

Kira kira kalau ada penghargaan untuk Blogger, bunda bunda setuju gak ya? hehehe. Pastinya akan menambah keseruan khasanah dunia persilatan ehh salah maksudnya dunia per-Blogger-an. Ini hanya pemikiran iseng dan ide jail saya saja ya bun, bunda bunda pasti punya pemikiran yang berbeda dengan saya dalam hal ini.

Pengakuan dan penghargaan creator Youtube bernama #YoutuberCreatorAward dan saya berandai andai, sekali lagi berandai. Jika ada penghargaan untuk Blogger namanya apa ya? mungkin #BloggerLevelAward haha,  nah kok seperti MLM ya ada level levelan hehehe. Nilai DA/PA antara 1-100, misalnya blog dengan DA/PA 50 mendapat Award Level 3  , DA /PA 70  mendapatkan Award Level 2 , dan semakin tinggi nilai DA/PA mendapatkan Award yang paling tinggi.

Asumsi saya semakin tinggi  DA/PA menunjukkan blog itu berkualitas, memotivasi, bermanfaat, populer, bukan sekedar Blogger copy paste yang barang tentu sangat merugikan Blogger yang sungguh sunggu menulis dengan hati. Selain itu dengan adanya penghargaan untuk Blogger akan menambah semangat dan Blogger akan terus berusaha menyajikan tulisan yang terbaik. 

Penghargaan Play Button dari Youtube
Cridit : Lifia Niala

Misalnya beneran ada kualifikasi Blogger seperti Youtuber, hahaha kok ngarep banget sih, iya bukan buat saya, tapi buat teman teman Blooger yang berkualitas. Kalau ada pastinya secara pribadi saya akan senang sekali hihihi. Tapi siapa ya yang memiliki kewenangan memberikan #BloggerLevelAward ya?? masak Kominfo? atau Blogger Perempuan mau mengadakan Award? haha entahlah, judulnya "Malam Penganugrahan Blogger Lavel Award", hahaha....saya garing ya bun hehehe.

Meskipun Blogger belum mempunyai wadah resmi, sehingga belum ada peraturan tertulis dalam menulis blog, saya yakin dalam menulis, teman teman Blogger tetap menjunjung tinggi  kode etik dalam memberikan informasi kepada khalayak. Karena Blogger juga  memiliki tanggung jawab moral kepada pembacanya. Wih kenapa saya jadi serius begini ya bun...hehehe, maaf maaf, mari kembali ke tema yaa....malah ngalor ngidol  hehehe.

Kali ini saya ingin menulis tema tentang memilih menjadi Blogger full time atau Blogger part time. Kalau saya memilih menjadi Ibu Rumah Tangga yang senang menulis, yang penting menulis, menulis dan menulis, gak mudeng dengan yang lain lain, monetize atau apalah hehe, apabila ada hasil dari apa yang saya tulis saya anggap itu sebagai bonus dan hadiah dari kerja keras dan usaha saya menulis.

Namun saya merasa belum pas jika dikategorikan sebagai Blogger, saya belum berani menyebut diri saya sebagai Blogger,  Blogger part time, apalagi sebagai Blogger Profesional itu berat, saya gak akan kuat, biar Dilan saja.

Menurut embah Wikipedia, Blogger adalah sebutan bagi orang yang menulis di-blog dengan syarat  hanya satu: bisa menulis. Naahh, melihat pengertian terebut mengapa saya merasa belum berani disebut sebagai seorang Blogger  karena :

Saya Masih Proses Belajar Menulis

Saya bisa menulis, namun saya merasa belum mampu menulis dengan sempurna, memang tidak ada manusia yang sempurna, kesempurnaan itu hanya milik Allah dan kesempurnaan Cinta itu hanya milik Rizky Febian.

Dalam hal menulis saya hanya seujung kuku jika dibandingkan dengan Mas Ariev Rahman. Karena saya merasa memiliki banyak kekurangan dalam menulis sehingga saya terus berproses memperbaiki tulisan saya, baik dari segi ide, gaya bahasa, kerapian agar tidak ada typo, penulisan yang benar, segi alur, tata bahasa, aahhh masih banyak sekali kekurangan saya, maka dari itu saya merasa wajib mem- follow  Pak Ivan Lanin

Sssttt!!!!  Tulisan Saya Belum Berkualitas

Hi..hi...saya sekedar menulis dan melulis, menurut saya tulisan saya belum berkualitas heheheh. Walau beberapa teman mengatakan bagus, saya merasa belum bisa dikatakan bagus, jika saya belum bisa membuat tulisan yang baik dan benar. Dari sudut pandang artikel dengan menganalisa menggunakan sebuah teori, belum bisa menampilkan infografis ditulisan saya, berat banget ya. Saya sangat membutuhkan masukan dari teman teman Blogger dan bunda semua....terimakasih sebelumnya. sudah bersedia mampir di blog saya.


DA/PA Blog Saya Masih Sedikit

Jangan mencoba mencari DA/PA blog saya di checkmoz, checker atau yang lainya bun hehehe, nanti bunda kecewa hihi. Umur blog saya belum ada satu tahun. Tulisan yang saya publish pun belum terlalu banyak, akhir akhir ini banyak tulisan karena sengaja mengikuti challenge dari Blogger Perempuan untuk men-challenge diri sendiri dalam melatih kedisiplinan dan konsistensi dalam menulis. Ini salah satu cara saya berproses untuk menjadi blogger.


Begitu bunda tulisan saya hari ini yang saya buat dengan mengerahkan seluruh eneergi saya eeaa.  Saya hanya merasa belum layak menyebut diri saya sebagai Blogger, karena teman teman Blogger yang sesungguhnya sudah membangun kredibilitas dan reputasi. Saya harus terus menghargai proses panjang mereka sampai menjadi Blogger Terpandang. Saya ingin menjadi Blogger, bukan sekedar mengaku ngaku menjadi Blogger jadi saya pun harus berproses seperti mereka, semogaa saya bisaaaa......

Menjadi Blogger bukan semudah membalikkan telapak tangan, ada proses yang dilalui bukan instant. proses tidak akan menghianati hasil.

Bun, heheeh, saya sudahi tulisan hari ini ya...sekali lagi tulisan yang saya buat merupakan reminder buat saya, bukan untuk mendeskriditkan siapapun.

kayaknya saya serius banget nulis kali ini hehehe, panjang bener, bunda bunda bingung gak ya?


Terima Kasih sudah mempir keblog saya



Salam Kukuruyuk

You Might Also Like

8 komentar

  1. Apalagi aku. Pokoknya bisa menulis. Itu yang penting. Dan tidak pernah bosan untuk belajar. Salam kukuruyuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Kukuruyuk...
      Yang terpenting terus menulis dan tidak pernah menyerah hihi

      Hapus
  2. Blogger atau bukan, setidaknya bundir udah berkontribusi memberikan pencerahan lagu anak-anak yang bener2 ramah anak. Dan itu luar biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...matur suwun bun...njengan juga luar biasa

      Hapus
  3. Kemarin baru Nemu buku lawasnya Ndoro Kakung bapak blogger, ngeblog itu perjalanan panjang dan jangan dilakukan tergesa-gesa, layaknya kita sedang maraton harus atur napas..

    BalasHapus
  4. Aku ini lagi baca buku Ndoro Kakung mbakdedew, nge-blog dengan hati hihi...iya, aku setuju tidak perlu tergesa gesa.

    BalasHapus
  5. Tulisannya bagus kok, kalo soal DA PA gitu ngga perlu dipikirkan beneran. Yang penting tulis artikel yang bermanfaat, konsisten update blog, insyaa Allah ngikutin deh mba

    BalasHapus
  6. iya ya mb gak ada penghargaan buat blogger, baru adanya youtube aja. Tapi ah sudahlah, gak terlalu dipikikan juga. yang penting artikel kita bisa bermanfaat bagi orang lain, dan banyak job aja biar bisa beli Halo Balita eh...

    BalasHapus