Lima Alasan Mengapa Kamu Harus Menghormai Ibumu!




Salam Ceria Semua...

Sebenarnya buat saya Everyday is Mother's Day. Mengapa ada hari Ibu? mungkin sebagai pengingat terkadang kita terlalu sibuk sampai melupakan sosok Ibu.  Bagi sebagian orang Hari Ibu itu seperti Hari Ulang Tahun, menjadi moment yang tepat untuk celebration, mengucapkan terima kasih dan memberikan doa doa terindah untuk Ibu. Bagi saya  esensi dari Hari Ibu adalah bagaimana seorang anak harus selalu menghormati seorang ibu setiap hari, hari ini, esok dan sampai kapanpun.

Seperti yang diriwayatkan Abu Hurairah RA, "Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam dan berkata, 'Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?' Nabi shalallaahu 'alaihi wasallam menjawab, 'Ibumu!'

Ketika saya membahas atau membicarakan sosok ibu, saya merasa belum mampu membahagiakannya, namun saya akan terus menghormati ibu sampai detik terakhir hembusan nafasnya.

1. Ibu Adalah Orang Yang Mengandung Dan Melahirkan Kita

Bukan tanpa alasan mengapa seorang ibu wajib untuk dihormati dan dihargai. Bagaimana proses perjuangan seorang Ibu mulai dari hamil 9 bulan sampai sampai proses melahirkan. Saat hamil Tri Semester pertama biasanya ibu akan mengalami Morning Sick merasakan mual, muntah, tidak doyan makan, rahim mulai membesar.

Tri Semester kedua Ibu akan mengalami perubahan bentuk tubuh,  payudara mulai membesar, bahkan merasakan kram. Mulai memasuki  Tri Semester akhir ukuran perut yang mulai bembesar, sesak nafas, susah tidur serta banyak perubahan lain. Bosan tidak bosan, setiap pagi siang malam harus mengkonsumi vitamin demi kesehatan bayi dalam kandungan.

Ibu mengalami perubahan fisik luar biasa saat hamil, berat badan naik sangat pesat, selalu berhati hati dalam beraktivitas karena rahimnya membawa janin calon baby. Ibu selalu berupaya agar janin selalu nyaman dan aman.

 Foto : 4 Weeks Pregnant

Belum lagi beban psikologis yang dialami Ibu saat menghadapi hari hari menjelang kelahiran, takut, cemas, gugup. Ketika detik detik melahirkan pun, mempertaruhkan nyawanya, berjuang hidup dan mati demi ingin melihat Si Buah hati hadir dunia. 

Alhamdulillah jika Ibu dan bayi melahirkan dalam keadaan sehat, tidak sedikit kasus yang terjadi ibu meninggal saat melahirkan atau kasus bayi yang meninggal saat dilahirkan, betapa berat ibu jika mengalami ini. Semoga semua Ibu yang akan melahirkan, di mudahkan dalam proses kelahiran , Ibu dan bayi dalam keadaan sehat dan selamat.

2. Ibu Memiliki Banyak Peran

Setelah melahirkan perjuangan Ibu belum berakhir, ini menjadi awal perjuangan untuk merawat dan membesarkan anak anak. Di rumah Ibu memiliki  peran yang banyak sekali, bisa menjadi:
  • Manager - Mengatur semua urusan rumah tangga dari yang kecil hingga besar dari A - Z
  • Perawat - Merawat, memandikan, mengganti popok dan menyusui
  • Dokter keluarga - Jika ada anggota keluarga yang sakit, pasti ibu lah orang yang pertama gelisah, bingung, cemas, selalu mengecek kondisi kesehatan anggota keluarga yang sakit, memberikan obat, mengompres, menjaga dan mengobatinya sampai sehat.
  • Psikolog - selalu siap mendengarkan curhatanmu mulai dari yang receh sampai paling rahasia sekalipun
  • Guru - Ibu adalah madrasah pertama, siapa yang pertama kali mengajarkan anak anak berbicara, mengajarkan anak anak untuk menjadi baik.
  • Driver - Mengantar menjemput sekolah, mengantar les, ke manapun, kapanpun harus siap.
  • Koki - Ibu adalah Chef handal, apapun makanan yang ibu masak, apapun menu yang ibu tampilkan pasti anggota keluarga akan melahapnya. Masakan ibu selalu ngangenin. Ibu harus selalu kreatif membuat menu agar seluruh anggota keluarga lahap makan, ibu harus selalu inovatif membuat MPASI.
  • Body Guard - jangan ditanya, ibu akan selalu melakukan yang terbaik dalam menjaga keamanan, kenyamanan dan keselamatan anak anak. Jangan sampai nyamuk nempel di badan Si Kecil, bisa ramai di tangan ibu. Bagaiman ibu dengan seksama menjaga anak anak agar tidak terjatuh.
  • Akuntan - Semua urusan keluarga yang berhubungan dengan financial akan beres ditangan ibu, bayar sekolah, bayar listrik, bayar air, belanja kebutuhan pokok, semua tidak luput dari tangan dingin ibu. Semua ibu yang mengatur cashflow nya.
  • Designer - selalu mix and match, ibu selalu ingin anggota keluarga berpenampilan rapi bersih dan enak dipandang mata. Kalau keluarga memiliki baju kembar itu tidak terlepas dari rancangan handal ibu.
  •  Loundry -Ibu siap mencuci dan meyetrika baju anggota keluarga, jika ibu terlambat mencuci bisa dipastikan anggota keluarga lain tidak memakai baju hehehe.
  • Cleaning Service - membersihkan seluruh rumah dari kotoran apapun, menyapu, mengepel.

Foto : Freeepik.com

Kadang kalau Ibu tidak di rumah, anggota keluarga yang lain kebingungan mengambil barang yang menjadi keperluan sendiri, misalnya tidak tahu di mana tempat kaos kaki, di mana baju dll karena biasanya jika ada ibu semua sudah disiapkan.

Belum lagi jika memiliki anak lebih dari satu, ibu harus memiliki tenaga ekstra. Satu anak menangis satu tidur, saat kakak bangun adik menangis. Melakukan pekerjaan secara bersamaan Multitasking. Bisa masak sambil sambil cuci piring, bisa menjemur sambil nyuapin. Sampai makan sambil neneni dedek pun pernah. 

Ibu benar benar jarang memiliki waktu untuk diri sendiri, 24 jan non stop untuk keluarga,  bangun paling pagi diantara anggora keluarga yang lain, dan tidur paling belakangan menunggu anak anak tidur. Terkadang mandi pun hanya 5 menit karena memanfaatkan waktu dedek yang sedang tidur, kadang saat mandi, dedek terbangun dan ketok ketok pintu kamar mandi, pernah kan bun? hehe.

Sekali lagi walaupun memiliki banyak peran, tapi ingat, ibumu bukanlah "pembantu", alangkah baiknya jika suami dan anak anak bersedia membantu meringkankan pekerjaan rumah tangga ibu.

3. Ibumu Sangat Berharga,  Tak Ternilai dan Tak Tergantikan

Bayangkan satu orang memiliki banyak peran, bayangkan jika itu harus dikalkulasi, berapa rupiah uang yang harus dikeluarkan untuk menggaji ibu? Ibu tidak pernah meminta bayaran sepeserpun, ibu dengan suka rela, penuh tanggung jawab, melakukan semua nya dengan penuh kasih sayang.

Apakah yang terjadi jika ibu sakit? rumah kotor, tidak ada makanan di meja makan, sekolah terlambat, banyak hal yang terbengkalai jika ibu sakit. Terkadang Ibu selalu ingin menjadi kuat, tampak kuat dan berafirmasi ibu tidak boleh sakit, ibu tidak boleh capek.

Hanya ibu yang paling tahu di mana posisi barang pribadi milikmu, sampai hal kecil, terkadang mencari celana dalam , baju, kaos kaki pun harus tanya ke ibu...iya kan?

Kasih ibu itu sepanjang masa, sepanjang usia, ketika ibumu masih hidup jangan pernah menyianyiakan ibu, jangan pernah sekali kali berkata kasar dan menggunakan nada tinggi. Jika ibu selalu ngomel setiap hari karena ibu ingin anak anaknya menjadi baik, tidak ada sedikit pun terbersit ibu akan melukai anaknya, harimaupun tidak akan tega memakan anaknya sendiri.

Tidak kan mungkin ada bekas ibu, ibu kandung adalah status yang akan terus melekat sepanjang hayat pada orang yang melahirkan kita. Ibu tidak pernah meminta balasan dari anak anaknya, ibu hanya berharap anaknya menjadi anak yang berhasil, tidak ada di dunia ini seorang ibu yang ingin melihat anaknya gagal dalam hidup. 



Foto : Google


4. Ibu Adalah Orang Yang Berada Di Balik Kesuksesan Kamu


Ibu adalah sosok yang bisa diandalan, ada ibu semua akan beres mulai dari urusan A - Z.  Dari bayi sampai dewasa ibu selalu mensupport anak anak. Karena sosok Ibu yang selalu bisa diandalkan, anak anak selalu memiliki sebutan untuk ibunya.

Sebutan sebutan yang menggambarkan betapa hebatnya ibu seperti  ibu adalah pahlawanku, My Mother My Hero, Wonder Woman, My Mother Is Superhero,My Mother is My Angel, My Love, Bidadari tak Bersayap  dan predikat predikat lain yang memang pantas disematkan untuk sosok Ibu.

Restu ibupun tidak kalah penting untuk menyertai setiap langkah langkahmu. Restu merupakan hal yang wajib didapatkan dari Ibu ketika anak anak hendak melakukan apapun. saat anak ujian selalu meminta doa dan restu ibu agar semua berjalan lancar. Ketika anak anak hendak melakukan segala sesuatu yang menyangkut masa depan, akan selalu meminta restu dari ibu. Sampai urusan membuka warung pasti meminta restu ibu, terbukti ada warung yang bernama "Doa Ibu". 

Doa doa ibu yang selalu mengalir di nadimu, doa doa ibu yang selalu ada di tiap detak jantungmu, doa doa ibu yang selalu menyelinap ditulangmu, doa doa ibu yang menguatkanmu, doa doa ibu yang selalu menyertai keberhasilan hidupmu. Dari mulut manisnya selalu keluar doa doa terbaik untuk anak anaknya, disujudnya selalu memanjatkan doa untuk keselamatan dan keberhasilan anaknya.



 Foto : Google


5. Ibu Adalah Orang Pertama Yang Selalu Ingin Tahu Kabarmu

Ibu akan selalu menanyakan  dimana kamu? pulang jam berapa? main dengan siapa?, ibu selalu memantau keberadaanmu. Ibu detail seperti detektif. Semua itu karena ibu adalah orang yang sangat menghawatirkanmu. Ibu tidak ingin terjadi sesuatu denganmu.

Ketika anak anak sudah mulai berumah tangga, anak anak sudah mulai sibuk bekerja, kehadiran anak anak akan selalu dinantikan, apabila anak anak tidak mampu hadir secara langsung , ibu akan selalu menantikan panggilan telpon dari anak anak.

Apabila anak anak tidak memiliki waktu untuk sekedar menelpon, ibu akan berusaha meluangkan waktu menelphone hanya ingin mengetahui keadaan anak anaknya. Itupun terkadang anak anak tidak mengangkat telphone Ibu.

Jangan pernah berpikir, ibu menelphon karena ingin meminta sesuatu, ibu hanya ingin menanyakan keadaanmu. Feeling ibu itu selalu tepat, terkadang ibu menelpon hanya memastikan anak anaknya baik baik saja.

Semakin sering ibu menelpon dan tidak diangkat, bersemakin membuat ibu menghawatirkan keadaanmu dan ibu akan terus menelphone. Ketika anak mengangkat telpon biasanya hanya sebentar karena merasa telpon ibu "mengganggu" aktivitasnya, sedih ya...


Foto : Google


Ketika ibu sudah mulai menua, kulit sudah keriput, tulang sudah tidak mampu menyangga tubuh, ketika pandangan sudah mulai kabur karena usia, ketika telinga sudah tidak mampu mendengarkan secara seksama, ketika daya ingat sudah mulai melemah apakah anak anak masih ingat dengan ibu, atau justru akan melupakan Ibu?

Jika anak anak Ibu di takdirkan menjadi kaya raya, memiliki banyak harta, sekalipun harta itu tidak habis tujuh turunan ataupun delapan tanjakan. Uang yang dimiliki tidak bisa mengganti setiap tetes peluh ibu yang merawatmu dari kecil hingga dewasa, harta yang anak anak miliki tidak akan pernah bisa menebus setiap butiran air mata ibu yang selama ini menetes untuk membesarkan dan  mengasuh kita.

Apakah kita tidak akan merawat Ibu diusia tuanya? satu Ibu mampu merawat banyak anak, terkadang banyak anak tidak mampu merawat satu ibu.

Tulisan ini saya persembahkan untuk Emak saya yang hari ini tepat 3 tahun pergi meninggalkan kami untuk selama lamanya. Terima kasih telah menjadi Emak yang hebat.  Maafkan belum dapat membahagiakan Emak....I Love U...

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya

Salam Kukuruyuk

You Might Also Like

12 komentar

  1. Karena Ibu adalah pemegang kunci surga

    BalasHapus
  2. YaAllah bun bener semua ini yg ditulis. Liat ibu sakit tuh rumah kayaknya jd nggak teratur. Org rumah pd bangun kesianganlah, dll. Thanks udh diingetin bun

    BalasHapus
  3. Aku kok bacanya malah jadi terharu ya Bund, segalanya tentang ibu...

    BalasHapus
  4. Sampai berapapun seri alasanya, tak ada alasan utk kita tdk berbakti dan kepada beliau..
    Semoga Allah balas dengan balasan terbaik ibu ibu kita

    BalasHapus
  5. MasyaAllah tugasnya ibu tuh ya.
    Dulu ada yang nasihatin aku, beliau bilang anak harus hormatin ibunya. Pasti akan merasakan sendiri beratnya jadi ibu kalau sudah hamil dan melahirkan. Dan... Benar adanya.

    BalasHapus
  6. Ibu tuh akan melakukan segalanya demi anaknya ya

    BalasHapus
  7. Tapi aku bukan driver sih karena ga bisa nyetir hihihi..

    BalasHapus
  8. Bunda Dirga, ini kali pertama baca tulisan Bunda yang panjaaaaaaang banget. Tapi, tulisan dari awal paragraf dah nohok banget. Aku kini sudah jadi ibu, dan iya, merasakan semua. Alhamdulillah ibuku juga sehat walafiat jadi aku selalu berusaha yang terbaik untuknya. Apalagi aku ini anak tunggal. Pokoke, ibuku harta berharga bagiku, sampai nanti di surga.

    BalasHapus
  9. Ibu memang superhero..bahagia selalu ya mommy nya Dirga..

    BalasHapus
  10. setuju bundir. Ibu selalu ada mau anaknya jauh atau dekat, mau sedih atau hepi

    BalasHapus
  11. mbak,, aku mewek bawanya. Kebetulan mami ku sekarang posisinya single fighter. Dulu suka bandel, dibilang gak boleh tetap aja dijabanin. Dan akhirnya sekarang aku mulai ngerti. makasih ya mba bantu di ingetin.

    BalasHapus
  12. Baca tulisan ini saya jadi ingat ibu saya, emaakkkkkk ,,,, I Love you... :)

    BalasHapus