Tips Hidup Sehat Dengan Cara CERDIK





Salam Ceria Semua.....


Haloo bunda, apa kabar hari ini? Semoga sehat selalu. Berbicara tentang tips sehat,  saya jadi ingat tahun lalu pernah mengikuti acara Blogger yang diadakan oleh Titik Tengah Partnership bersama Dinas Kesehatan Kota Semarang.

Banyak manfaat yang saya ambil, salah satunya informasi tentang Program Indonesia Sehat yang menggunakan pola piramida. Pola piramida yaitu hidup sehat berawal dari saya menuju keluarga sehat, Kelurahan sehat, Kecamatan sehat, Kota sehat dan Indonesia Sehat.  

Nah...bagaimana cara hidup sehat dimulai dari saya, resepnya CERDIK bun.., saya sharing ya bun, apa sih CERDIK itu.


Cek Kesehatan Secara Berkala

Sebagian orang mempunyai kecenderungan, baru memeriksakan kesehatan setelah merasakan sakit, saya pun demikian hihihi. Mulai sekarang sebaiknya cek kesehatan berkala ya bun, lebih baik mencegah daripada mengobati. 
 
Enyahkan Asap Rokok 

Saya lebih baik menghindar jika ada orang yang merokok atau saya kadang meminta tolong perokok tersebut untuk mematikan rokoknya, apabila saya rasa sudah sangat mengganggu.
Bukan saja aromanya yang kurang enak. Asap rokok ini membuat nafas saya menjadi sesak, ternyata  perokok pasif sama bahanyanya dengan perokok aktif.

Rajin Beraktivitas Fisik

Yes....sebagai bunda rumah tangga, saya harus sering beraktivitas hihi, mulai bangun sampai mau tidur lagi tetep uplek beraktivitas.
Justru jika saya tidak beraktivitas, tubuh jadi terasa sakit, pegel pegel. Aktivitas fisik bisa bermacam macam lari, jalan, mengepel dan menyapu pun juga bisa hihi.

Diet Seimbang

Diet seimbang itu mengkonsumsi makanan dengan memperhatikan jumlah  nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Walau  kebutuhan nutrisi antara orang yang satu dengan yang lainnya berbeda, namun intinya harus tetap memenuhi unsur karbohidrat, protein, vitamin, mineral.

Istirahat Cukup

Setiap orang mempunyai durasi tidur yang berbeda, hanya tubuh kita sendiri yang merasakan apakah istirahat kita cukup atau tidak.
Tubuh akan merespon apabila kita kurang istirahat. Seperti saya, apabila kurang tidur badan menjadi lemas, pusing dan tidak memiliki tenaga. 

Kelola Stres

Nah...siapa nih bunda yang sering mengalami stres? hampir rata rata pernah mengalami stres ya bun...saya pun juga hihihi.

Bersosialisasi atau bertemu dengan teman teman merupakan salah satu cara mengelola stres. Biasanya kalau stres bawaan nya pingin hang out ya bun hihi.

Curhat dengan orang yang dipercaya bisa suami, istri, orangtua, sahabat,  merupakan cara efektif untuk bisa melepaskan beban yang kita rasakan. 

Berdoa kepada Tuhan dan fokus dengan apa yang terjadi saat ini, akan membuat pikiran lebih tenang sehingga tidak menjadi stres yang berkepanjangan. 


Demikian bunda tips CERDIK yang bisa saya sharing, semoga bermanfaat ya bun...

Terima kasih, sudah mempir di-blog saya.

Salam Kukuruyuk

You Might Also Like

5 komentar

  1. Setuju banget sama tipsnya bunda Dirga, tapi yang bagian asap rokok itu yang masih susah soalnya banyak orang disekitar kita yang masih belum peka... :(

    BalasHapus
  2. Bagus ya cerdik ini. Udah peduli juga dgn kesehatan mental

    BalasHapus
  3. Setuju banget Bun, kelola stres ya biar ngga jadi penyakit fisik..

    BalasHapus
  4. Mantap bun tips2nya. Terimakasih sudah mengingatkan 😀

    BalasHapus
  5. Sepakat banget Bund, tapi masih banyak pr nih. Asap rokok nggak b isa menghindar. Cek kesehatan berkala juga belum nih, uhuk...

    BalasHapus