Mengukir Prestasi Melalui Kompetisi Blog Nodi



Salam Ceria Semua 

KENALAN DENGAN MAS NODI YUK....

Jujur sebelumnya saya belum mengenal siapa Mas Nodi. Mungkin saya kurang gaul. Main saya kurang jauh. Kopi saya kurang kental. Tidur Saya kurang malam hihihihihi.

Hai..Saya Nodi

Rasa penasaran ini membuat jempol saya menggiring untuk Stalking Instagram Mas Nodi dan saya bener benar terkesima .Ternyata...Mas Nodi adalah seorang penulis blog yang produktif. Langanan juara lomba blog.  Prestasi prestasi yang pernah diraih diposting dalam instagram miliknya. 

Sampai tulisan ini saya buat, sudah ada 22 prestasi yang Mas Nodi ukir. Masih dalam rangka misi penasaran. Saya pun mengunjungi Blog Mas Nodi. Memang Beliau Blogger paten, bukan kaleng kaleng. Tulisannya keren, informatif, unik dan blog nya asik dibaca. 

Prestasi prestasi Mas Nodi ini membuat saya nganan. lho kok nganan? iya... saya gak berani ngiri. Blog Walking di blog Mas Nodi, membuat saya merasa bagai rempahan rengginang hihihi. 

Dalam hidup harus ada keseimbangan. Mas Nodi merasa prestasi dan kebahagiaan yang didapatkan tidak akan bermanfaat jika hanya untuk dirinya sendiri. Prinsip Take and give  membuat Mas Nodi mengadakan Kompetisi Blog Nodi, tujuannya ingin berbagi kebahagiaan dengan Narablog yang lain.


ALASAN SAYA MENGIKUTI KOMPETISI BLOG NODI

Sebenarnya saya kurang percaya diri waktu memutuskan untuk mengikut kompetisi Mas Nodi. Saya Newbie dalam dunia Blogging. Anak baru gaes, baru punya blog seumur jagung. 

Namun saya tidak boleh menyerah sebelum bertanding. Akhirnya saya pun memutuskan mengikuti  kompetisi ini di saat Injury Time, alasannya :

- Jurinya Keren

  Khrisna Pabicara, Penulis.
  Joe Candra, Travel dan Lifestyle Blogger
  Nabila DP, Parenting Blogger dan Freelance Writer


- Ada Feedback dari Mas Khrisna

Setiap mengikuti lomba dan belum berhasil memenangkan lomba. Saya tidak tahu apa kelebihan dan kekurangan tulisan saya sehingga tidak layak menang.

Nah…karena semua tulisan yang masuk di kompetisi Blog Nodi ini akan diberikan  tanggapan, komentar dan penilaian, saya jadi termotivasi untuk mengikuti kompetisi ini. 

Tidak tanggung-tanggung, karena mas Khrisna Pabichara yang akan memberikan masukan untuk tulisan saya. Senang donk, ikut lomba sekaligus mendapatkan ilmu menulis dari ahlinya. 

- Mengasah Jiwa Kompetisi

Dalam setiap kompetisi ada menang dan kalah. Menang Alhamdulillah. Kalah jangan menyerah. Yang terpenting jiwa kompetisi itu selalu diasah agar terarah.

- Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Percaya diri itu bukan lahir dengan sendirinya, perlu dibentuk dan diperjuangkan. Salah satu cara saya memperjuangkan rasa percaya diri adalah dengan mengikuti kompetisi. 


ARTI BUNDADIRGA.COM UNTUK SAYA


Sebagai Eksistensi
Bundadirga.com merupakan domain yang saya beli awal tahun 2018, saya merasa senang memiliki domain berbayar, bukan domain nunut lagi. Ketika saya memutusakan membeli domain saya merasa bahwa bundadirga itu ada, muncul dan telah lahir. 

Lantas kalau sudah ada, muncul dan telah lahir, ngapain? ya..ngak ngapa ngapain...orang saat itu blognya ngga saya apa apain, saya anggurin mungkin udah lumutan. Saya tidak langsung memakai domain itu, ibaratnya masih seperti kertas putih yang belum dicorat coret oleh si empunya. Saya belum merasa "memiliki" blog tersebut.  Saya biarkan kosong selama setengah tahun.

Mengapa kosong? karena saya tidak tahu harus memulai menulis dari mana, menulis apa dan bagaimana cara saya memulainya. Saya mulai berpikir untuk apa saya membeli domain jika saya tidak menggunakannya. Saya menganggap domain adalah senjata, untuk apa senjata itu dibeli jika tidak bermanfaat  dan  tidak ada orang yang menggerakan senjatanya. 

Akhirnya saya mulai menjadi The Woman Behind The Gun , bukan The Man karena saya perempuan hehehe. Setelah tidak digunakan selama 6 bulan, pertengahan tahun saya mulai menulis. Saya menggunakan blog saya sebagai media berkomunikasi, saya menggunakan blog untuk bertegur sapa dengan orang lain, saya menggunakan blog untuk menjalin silaturahmi dengan orang lain, melalui blog saya mempunyai banyak teman baru dan melalui bundadirga.com saya mulai menunjukan eksistensi saya.

Saya jadi terpikir teori Rene Descartes Cogito ergo sum  yang artinya: "Aku berpikir maka aku ada" dan berawal dari bundadirga.com ini, saya mulai berpikir untuk terus menulis, memotivasi diri sendiri untuk terus konsisten menulis, terus belajar, terus bertanya dan terus berkarya, karena saya ingin menunjukkan bahwa Bundadirga.com itu ada.  

Bukan sekedar ada, saya ingin kehadiran bundadirga.com dapat memberikan manfaat untuk saya sendiri dan juga bermanfaat orang lain. Sebagai media untuk berbagi informasi, dan juga sharing tentang apapun. Saya betul betul menggunakan blog untuk katarsis, menulis..menulis...dan menulis.  Menuangkan ide ide, terkadang ide ide jail pun saya tulis diblog hihi. 

Sebagai Aktualisasi Diri

Memasuki usia yang hampir menyentuh kepala 4, saya merasa harus mulai fokus memikirkan apa yang menjadi passion saya.  Setidaknya saya harus memiliki "karya" yang bermanfaat. 

Paling tidak bermanfaat untuk diri sendiri dan keluarga. Apabila "karya" saya ternyata juga bermanfaat untuk orang lain dan mampu menghasilkan, saya anggap sebagai bonus dari pencapaian saya. Passion lah yang menjadikan saya menjadi "beda" dengan orang lain.

Menulis lagu anak anak adalah passion saya, ada rasa senang ketika anak anak mendengarkan lagu karya saya, mereka menyanyikan dengan riang gembira, keceriaan menjadikan mereka menjadi anak anak yang seutuhnya. Karena mereka berhak untuk bahagia. 

Ada perasaan bangga menyelimuti hati saya. Saya pun berharap ketika mencipta lagu, energi energi positif dan keceriaan anak anak mampu melebur dalam jiwa saya sehingga menjadikan saya menjadi awet muda hihihi...

Awal mula saya membeli domain sejujurnya hanya sebagai media  untuk memperkenalkan lagu lagu anak ciptaan saya, sudah hanya itu, namun seiring berjalannya waktu saya merasa bahwa menulis bukan hanya sebuah keisengan atau hobby semata, namun menulis menjadi sebuah kebutuhan.

Seperti  yang dituliskan oleh Abraham Maslow tentang teori Hierarki kebutuhan (Hierarchy Of Needs) - nya. Muslow menyatakan bahwa untuk menuju kebutuhan tertinggi, tingkat tingkat kebutuhan kebutuhan sebelumnya sudah harus terpenuhi terlebih dahulu. 

Teori ini menjadikan seseorang untuk terus memotivasi diri sendiri, memenuhi kebutuhan kebutuhan dasar, terus merangkak dan terus berupaya berproses untuk berada dipuncak tertinggi yaitu Aktualisasi Diri.





Menurut Abraham Maslow ada 5 tingkat kebutuhan manusia :
1. Kebutuhan Fisiologis
Kebutuhan ini adalah kebutuhan yang berada ditingkat paling bawah, ini adalah kebutuhan dasar manusia seperti kebutuhan makan,  minum,  tempat tinggal. Kebutuhan ini menjadi kebutuhan dasar seseorang. Kebutuhan ini harus terpenuhi agar seseorang mampu naik level ke tingkat selanjutnya.

Bisa diibaratkan ketika seseorang belum makan, tidak memiliki tempat tinggal, dia tidak akan mampu untuk berpikir, boro boro memikirkan karya, memikirkan bagaimana cara  bisa makan, itu lah yang terpenting.

2. Kebutuhan Akan Rasa Aman
Ketika kebutuhan  fisiologis sudah terpenuhi, akan muncul kebutuhan untuk mendapatkan rasa aman. Rasa aman secara fisik seperti sehat, rasa aman secara psikologis terbebas dari rasa cemas, bebas dari rasa ketakutan, terbebas dari kondisi pertikaian, terbebas dari situasi peperangan. 

Rasa aman dari tekanan, rasa aman dari ancaman dan bebas dari apapun membuat seseorang akan merasa tenang sehingga mampu  berpikir untuk menghasilkan sebuah karya. Bisa dibayangkan jika seseorang mengalami tekanan secara psikologis dan terancam, dia tidak akan pernah bisa memikirkan hal yang lain, kecuali memikirkan bagaimana cara agar bisa merasakan dan mendapatkan rasa aman. 

3. Kebutuhan Akan Kasih Sayang
Ketika kebutuhan fisiologis dan kebutuhan akan rasa aman sudah terpenuhi, akan muncul kebutuhan dilevel berikutnya yaitu kebutuhan akan kasih sayang. Kasih sayang dari keluarga, sahabat, komunitas yang membuat seseorang merasa diterima dalam kehidupan bermasyarakat.

Apabila seseorang mengalami penolakan atau tidak mendapatkan ketidak percayaan dari orang lain, dia tidak akan merasa menjadi seseorang yang seutuhnya. Kasih sayang lah yang  menjadikan seseorang memiliki arti, saling mencintai, saling menghargai sehingga ada take and give dalam proses kehidupan, sehingga tidak akan ada benih benih kebencian dan permusuhan yang terjadi.

4. Kebutuhan Akan Penghargaan
Level ini merupakan tahap dimana seseorang untuk mulai melakukan aksi aksi nyata dalam hidup, keinginan untuk berprestasi dan bebas mengekspresikan apa yang menjadi keinginanya.  

Menurut Maslow setiap orang  memiliki dua kategori tentang kebutuhan penghargaan, yang pertama berkaitan dengan diri sendiri seperti kebutuhan untuk menghormati orang lain, kebutuhan mendapatkan pengakuan, memiliki kompetensi, kekuasaan, prestasi dan kemandirian.

Kategori kedua adalah kebutuhan yang berasal dari orang lain seperti status, dominasi, ketenaran, apresiasi, dihargai, dianggap penting oleh orang lain.

Seseorang yang merasa sudah mampu memenuhi harga dirinya akan mampu dan berani tampil menjadi seseorang yang percaya diri, tidak tergantung kepada orang lain, independent dalam berpikir dan merdeka dalam berkarya. 

Pada level ini seseorang akan merasa siap untuk mengaktualisasikan diri, mengaktualisasikan apa yang menjadi passion-nya.

5. Kebutuhan Akan Aktualisasi Diri
Kebutuhan ini menurut  si empunya teori merupakan level  yang berada dipuncak tertinggi yaitu kebutuhan untuk membuktikan dan menunjukan dirinya kepada orang lain. Kebutuhan dimana seseorang dengan potensi yang dimiliki mengembangkan apa yang mejadi passion-nya. 

Misalnya seorang pelukis mengaktualisasikan lewat lukisan, seorang musisi dengan membuat lagu, seorang penulis dengan tulisannya, seseorang atlet menjadi atlet yang handal. Semua akan  mengerjakan sesuatu sesuai dengan bidangnya masing masing,fokus dan sudah menjadi "profesi" bukan lagi sebagai batu loncatan untuk mencoba coba bidang lain. 

Seseorang merasa  bahwa kebutuhan ini harus terus diperjuangkan, semaksimal mungkin.  Mengapa kebutuhan ini berada dipuncak tertinggi dan hanya memiliki ukuran segitiga  kecil diantara kebutuhan yang lain? Menurut  hemat saya, tidak semua orang berani untuk mulai mengaktualisasikan dirinya.  

Level ini bukan sekedar untuk dirinya, namun sudah masuk ke ranah publik yaitu kebutuhan untuk bisa berkontribusi untuk orang lain dan lingkungan sekitar.


MENGAPA SAYA NGE-BLOG?

o  Untuk Memperkenalkan Lagu Anak Anak Ciptaan Saya
Dulu awal saya menulis blog, tujuan utamanya adalah ingin memperkenalkan lagu anak anak yang saya ciptakan. Mengapa lewat blog? karena tidak semua orang suka melihat video, jadi saya berusaha menyajikan juga lewat tulisan. 

Sampai saat ini sudah ada 35 lagu anak anak yang saya buat namun belum saya tuliskan diblog. Semoga segera terealisasi....sekarang saya sudah mempunyai blog baru,  harapanya jadi lebih bersemangat menulis di blog bundadirga.com ini. 



Lagu "Lagu Selamat Pagi Kukuruyuk
Ciptaan Saya
Juga saya Share di Youtube



Ciptaan Saya
Lagu ini saya buat ketika kangen Emak Saya



o  Meninggalkan Jejak Digital Positif     
Saya memiliki anak yang masih berusia 7 tahun. Saya ingin jika kelak Dirga dewasa, Dirga dapat melihat dan membaca apa saja yang telah bundanya tuliskan. Saya juga sering menuliskan kisah tentang dirinya. 

Saya ingin terus berusaha untuk membuat jejak positif. Kelak Dirga akan tahu bahwa bundanya pernah berada di mana, media sosial berada dalam status awas "ngeri ngeri sedap". Banyak bermunculan berita hoax.

Penyebaran berita yang tidak benar sangat masif. Namun bunda-nya tetap memilih untuk menyebarkan berita bermanfaat dan terus meninggalkan jejak positif.

Jujur, saya itu selalu mengatur kata kata dalam membuat caption. Selalu berhati hati berkomentar dimedia sosial. Selalu menjaga tutur kata jika bertemu langsung dengan teman teman sosial media. Karna saya tidak ingin melukai hati orang lain dan selalu ingin menghargai orang lain.  

Sempat kaget ketika melihat orang orang yang tidak saling kenal. Hanya melihat di sosial media. Dengan sangat entengnya mengomentari hidup orang lain. Mem-bully sampai body shaming. Apakah tidak berpikir panjang ketika berkomentar. Apa yang kita ucapkan merupakan cerminan dari diri sendiri.
 
Apabila belum mampu berkata baik. Alangkah baiknya diam saja, agar lisan kita tidak melukai siapa pun. Mari bijak bermedia sosial.

Setiap orang memiliki pilihan. Mau menggunakan media sosial untuk hal yang positif atau negatif tergantung dari jempol anda. Saya memilih menggunakan media sosial untuk hal hal positif. 

o  Sebagai Media Belajar, Berbagi Ilmu dan Berbagi Informasi
Saya menulis blog, bukan berarti saya sudah lihai dan ahli dalam dunia per-nge-blog-an. Saya masih terus belajar, belajar dan belajar. Belajar adalah proses seumur hidup, sampai saat ini pun saya tetap terus belajar mulai dari penulisan, pemilihan kata, pengaturan kalimat dan segala sesuatunya tentang blog. Tidak ada kata menyerah dalam belajar.

Dari blog yang saya tulis atau tulisan blogger lain yang saya baca, saya selalu mendapatkan ilmu dan pengalaman baru. Saya belum pernah  Traveling disuatu tempat, karena membaca tulisan dari blogger lain saya jadi tahu tempat tersebut. 

Di jaman yang serba mudah ini. Jaman Milenial, berbagi informasi dan mencari informasi tentang sesuatu sangat lah mudah.

Artikel yang ditulis oleh blogger, sangat diperhitungkan. Memberikan banyak informasi, menyajikan real bukan hanya sekedar opini.

o  Mendapatkan Rezeki  dan  Punya Banyak Teman Baru
Saya sempat tidak percaya. Saya pernah menulis blog dan mendapatkan nominal yang menurut saya cukup untuk membeli stok garam dapur. Yaaa, saya bukanlah blogger profesional. Saya berprofesi sebagai ibu rumah tangga dari pengalaman ini menjadikan saya untuk untuk terus semangat dan belajar menulis blog. 

Rezeki itu bukan melulu soal materi. Memiliki teman yang banyak. Bertemu dengan orang baru dan tetap bersilaturahmi menurut saya adalah rezeki yang tak ternilai. 

Menurut saya, Blogger itu luar biasa,  saling support. Salah satunya ketika saya mem- follow akun media sosial blogger baik Instagram atau twitter,  dengan senang hati blogger tersebut mau mem- follback akun saya. Walaupun sebenarnya follback itu bukanlah suatu kewajiban. Kewajiban saya adalah menghormati orang lain.

Berawal dari saling mem-follow jadi kenal dan saling berteman....asikk yaa...aaahh senangnya hatiku.

Kalau dulu ibu saya bilang banyak anak banyak rejeki, kalau sekarang saya bilang banyak teman bayak rezeki, setuju gak bunda bunda?? hehehehe

o   Menyenangkan
Menulis itu menyenangkan. Saya bisa menuangkan apa saja yang ada di dalam kepala. Bisa menjadi katarsis untuk saya....bebas....lepas....mengungkapkan apa yang di rasakan.  Menulis juga membuat orang lain senang dan terhibur.

Menyenangkan karena menulis adalah saat yang tepat  untuk me time. Waktu dimana hanya ada saya dan komputer. Tidak ada siapa siapa diantara kita.  Saya betah berjam jam menatap layar komputer dibanding menatap layar televisi. 
Saya merasa sangat santai karena tidak memikirkan hal lain selain menulis. Tentunya ketika menulis saya sudah menyelesaikan pekerjaan rumah. Ya....kan kasihan suami dan anak belum  makan hanya karena saya keasyikan di depan komputer jadi lupa memasak. 

o   Cara Berpikir Jadi Sistematis
Ketika menulis blog, pola berpikir saya jadi sistematis dan tertata.  Cara berpikir jadi runtut. Tata bahasa dan kosakata bertambah. Saya tidak malu untuk bertanya kepada sesama Blogger jika ada hal yang saya kurang paham. 

Saya jadi rajin membaca buku dan terus meng-upgrade ilmu untuk memperkaya kecerdasan lingustik saya.


TARGET BLOGGING 2019
Tidaklah muluk-muluk, target Blogging saya ditahun 2019 adalah menjadi BAIK

B - Bermanfaat
A- Apik
I -  Inspiratif  
K- Konsisten

Saya berusaha menyajikan tulisan yang bermanfaat, apik, menampilkan tulisan dengan ide ide yang  inspiratif dan saya akan terus konsisten menulis. Saya ingin terus berkarya. Semoga tercapai.

Alhamdulillah selesai sudah tulisan saya untuk kompetisi Blog Mas Nodi, apapun hasilnya semoga Allah memberikan yang terbaik. 
Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.
Salam Kukuruyuk

You Might Also Like

22 komentar

  1. Banyak sekali manfaat blog yaa kk, kalau faiz kadang suka curhat di blog, semoga di 2019 kita jadi BAIK

    BalasHapus
  2. Belajar banyak nih dari tulisan ini. Semoga blognya benar-benar BAIK.

    BalasHapus
  3. waduh.. mbak nya katanya newbie tp tulisannya yahud banget <3 salam kenal dr aku yang bner2 blogger newbie :'D ya..

    BalasHapus
  4. Wah hayuk semangat mewujudkan target bloggingnya :)

    BalasHapus
  5. Bundir tulisannya bagus lho. Kelihatan bukan newbie. Hihi. Suka sama semangat Bundir. Aku nggak mau kalah ah. Semoga lombanya mendapatkan hasil terbaik ya, Bundir.

    BalasHapus
  6. Semoga sukses di kompetisi ini, Bunda Dirga.. Pssst.., mbok saya diajarin bikin lagu.. saya suka rengeng2 ada bbrp 'lagu' tapi ga ngerti blas main musik! Haha..

    BalasHapus
  7. Wuih, mantap Bundir. Semuanya bermuara pada hal positif ya. Harusnya sih anak2 mudah yg aktif di dunia maya juga punya idealisme kayak Bundir. Biar ngga ada permusuhan diantara kita. Uhuyyy

    BalasHapus
  8. Mantab deh bundir, semangat terus ngeblognya ya. Semoga menang lombanya yes

    BalasHapus
  9. Keren banget tulisannya Bundir, semangat terus ya berbagi kebaikan lewat blog, aamiin!

    BalasHapus
  10. Keren, aku baca dari awal sampai akhir dan gak ada yang aku loncati loh. Enak tulisannya untuk dibaca. Iya sih seseorang itu kalo udah selesai pada dirinya sendiri akan merasa nyaman melakukan apapun. Fokus bahasa kerennya ��

    BalasHapus
  11. Wah! Mantap nih Bunda Dirga! Sudah menjelaskan tujuannya ngeblog. Jejak digital yang positif, dan berbagi ilmu. Kayak nyebar benih, pahalanya kita tuai. Amin

    BalasHapus
  12. Asyik bundir, kreatif ya bikin lagu. Semiga berhasil di lombanya. Saya, sudah lama tapi renghinang juha di bloggibg. Hiks

    BalasHapus
  13. Jangan pernah menganggap diri sebagai remahan rengginang ya Bun, tulisannya bagus. Semangat menginspirasi dengan konsisten menulis yaaa :D

    BalasHapus
  14. Wah asyik juga ya kalau tulisan kita dikomentari ahli. Jadi penasaran, apa ya komentar untuk artikel bunda dirga?

    BalasHapus
  15. wah.. tulisannya ini bukan newbie lagi deh Bundir.. semangat ngeblognya yaaa...

    BalasHapus
  16. Wow amazing kak, keren banget lagu anak2nya. Lanjutkan kak dan tetap menginspirasi generasi muda Indonesia :)

    BalasHapus
  17. Jadi narablog emang menguntungkan banget dah

    BalasHapus
  18. Bunda Dirga juga sudah keren loh sebagai blogger. Semangat terus ya mb, kita pasti bisa seperti Nodi

    BalasHapus
  19. Kalau aku dulu pertama kali ngeblog buat ajang curhat aja. Resolusi ngeblognya mantul euy...

    BalasHapus
  20. Mbaa, salam kenaal :) salut untuk kegigihannya dalam menulis dan membuat lagu anak-anak! :D

    BalasHapus
  21. Semangat Bundir, tulisannya keren dan enak dibaca... wah aku mau ikutan jadi BAIK ah buat blog aku ;) Good luck ya

    BalasHapus
  22. permisi ya
    mau numpang promosi bo kelinci99
    menyediakan 18 live game dan 4 pasaran togel ya bos
    untuk Diskon 2D: 29%, 3D: 59%, dan 4D: 66%
    BBM : 2B1E7B84

    BalasHapus